Nov 6, 2018

Review Game Twisted Metal: Black – Cerita Kelam Menjadi Terakhir!

Review Game Twisted Metal: Black – Battle Royale Dengan Kendaraan
Pada tahun 2001, sebuah franchise game bergenre vehicle combat, yaitu Twisted Metal telah membuat seri baru yang dikembangkan oleh developer asal Amerika–Incognito Entertainment. Ialah Twisted Metal: Black, seri terbaru keluaran PS2 yang unik. Mengingat kendaraan di dalamnya bukan diperuntukkan sebagai ajang balap. Melainkan jadi senjata untuk menjatuhkan para lawan dalam kontes hidup dan mati. Selain itu, di setiap karakter memiliki plot cerita masing-masing yang tidak kalah seru.

Inilah ulasan mengenai Twisted Metal: Black.

Cerita Kelam Penuh Harapan–
Blackfield Asylum merupakan tempat awal dari cerita setiap karakter.
Blackfield Asylum, Rumah Sakit Jiwa para kontestan.
Rumah Sakit Jiwa–Blackflied Asylum–adalah awal dari cerita semua karakter. Setiap karakter memiliki plot cerita yang terkenal kelam, bahkan beberapa ada yang sadis. Mulai dari balas dendam karena masa lalu, mencari pasangan, bahkan ada yang hanya ingin menghapus perasaan menyesal dari otak untuk menjadi pembunuh berantai terbaik.

Dengan segala putus asa, tiba-tiba datanglah Calypso. Sesosok manusia layaknya dewa, karena bisa mengabulkan semua permintaan client-nya dengan syarat yang sederhana, bunuh dan menangkan kontes yang ia telah bangun. Setelah menyetujui itu, para kontestan keluar dari Blackfield Asylum dengan kendaraan masing-masing dan siap bertempur hidup dan mati.

Kalian bisa memainkan Twisted Metal: Black untuk mengetahui cerita lebih lanjut.

Battle Royale Dengan Kendaraan–
Arena bertarung Twisted Metal: Black.
Arena bertarung Twisted Metal: Black.
Tidak ada balapan pada game mobil umumnya, Twisted Metal: Black menghadirkan hal lain yang tentunya unik, inilah vehicle combat. Genre mirip dengan battle royale yang kini sedang berada dipuncak. Pemenangnya adalah menjadi peserta terakhir dengan membunuh semua pada kontestan yang ada, terdengar seru memang.

Namun, dengan background musik yang suram serta nuansa kelam menjadi hal yang mencekam untuk game ini. Terlebih, setidaknya ada 6 arena yang terbuka mulai dari perkotaan, penjara, sampai tempat barang rongsokan.

Ada banyak senjata yang siap digunakan dan terhampar diseluruh daerah dalam map itu. Untuk mengambil senjata yang ada, para player tinggal menyentuh senjata yang ditemukan seperti berbagai jenis roket, machine gun, dan lain-lain.

Special skill juga hadir dengan semua kendaraan dengan total 15 karakter yang bisa dimainkan. Walau begitu, hanya ada satu kendaraan yang memiliki 2 jurus pamungkas ini. Jika penggunaannya telah habis, cukup tunggu beberapa menit  dan akan kembali terisi. Sweet Tooth tetap paling hebat!

Boss, Unlockables–
Boss menjadi hal unik dalam Twisted Metal: Black.
Boss menjadi hal unik dalam Twisted Metal: Black.
Ada tiga hal unik dalam game ini.. yaitu Boss, dan unlockables. Ada dua Boss keseluruhan dalam bertarung, yaitu sub-boss–Minion–dan Warhawk. Beruntung, untuk Minion bisa didapatkan, tapi cara mendapatkannya dengan menyelesaikan semua plot cerita di setiap karakter. Sedangkan Warhawk yang menjadi boss terakhir bukan bagian dari turnamen, melainkan hanya muncul untuk mengakhiri kekacauan.

Terdapat 2 unlockables udalam Twisted Metal: Black. Satu adalah hidden car, dimana ada lima mobil yang bisa didapatkan, dan salah satunya Minion si sub-boss itu sendiri. Jika Minion harus menamatkan seluruh cerita setiap karakter, maka untuk empat sisanya bisa didapatkan di berbagai tempat. Kedua adalah emblem yang jika didapatkan akan membuka arena.

Kesimpulan–
Movies yang bisa diputar saat menamatkan Twisted Metal: Black
Movies Twisted Metal: Black.
Gameplay layaknya genre battle royale yang digandrungi sekarang karena pemenangnya adalah peserta terakhir, serta dibalut cerita kelam di setiap karakter. Menjadikan Twisted Metal: Black memiliki kelebihan tersendiri, termasuk adanya fitur co-op yang berarti bisa dimainkan dua player langsung. Grafik yang diusung juga menunjukkan kemajuan setelah perilisan Twisted Metal 4 pada tahun 1999.

Memang, untuk menamatkan game ini tidak akan lama bahkan dalam beberapa jam bisa tamat. Namun, tingkat replayablity-nya termasuk tinggi mengingat ada banyak karakter yang siap untuk dimainkan, belum lagi lima mobil dan beberapa arena yang masih terkunci. Dan para player harus mencari dimana lokasi unlockables tersebut.

Kelebihan:
  • Peningkatan grafik dari seri sebelumnya
  • Gameplay vechile combat yang unik
  • Plot cerita yang seru di setiap karakter
  • Tingkat replayability yang tinggi
Kekurangan:
  • Waktu untuk menamatkan yang terhitung sebentar.
Cocok untuk player yang ingin mencoba cita rasa battle royale lain, fans Twisted Metal dari PS1, dan para nostalgia game PS2.

Kalian bisa memberi kritik, saran, dan berkomentar pada kolom di bawah.